on

Xiaomi Mi 6 Flagship Killer Terbaik dari Xiaomi

Sementara Xiaomi Mi 5 bergaransi resmi belum juga tiba di Indonesia sang produsen sudah merilis Xiaomi Mi 6 flagship sebagai penerusnya. Dari sisi spesifikasi handphone terbaru Xiaomi ini tampak memiliki potensi dan bukan itu saja pihak pabrikan sudah menerapkan konfigurasi lensa ganda pada kamera utama seperti dilakukan oleh LG G6 maupun Samsung Galaxy S8.

Dengan banderol harga Xiaomi Mi 6 yang jauh lebih murah dibandingkan Galaxy S8, LG G6 serta Huawei P10 tidak berlebihan jika handphone Xiaomi terbaru ini kembali layak disebut sebagai “flagship killer” alias alternatif murah bagi mereka yang dananya tidak cukup membeli flagship model dari merek-merek mapan.

Harga Xiaomi Mi 6 dan Spesifikasi


Xiaomi Mi 6 Jauh Lebih Baik Dibanding Xiaomi Mi 5

Seperti biasa dalam kemasan kardusnya Mi 6 sudah dilengkapi dengan soft case untuk melindungi ponsel bersangkutan. Selain itu sebuah headset adapter USB tipe C juga disertakan karena Xiaomi Mi 6 sudah tidak menyediakan port audio 3.5 mm. Kelengkapan lain yang disertakan adalah fast charger.

Penampilan Mi 6 sendiri tampak elegan, jauh berbeda jika dibandingkan Xiaomi Mi 5 yang digantikan olehnya. Dari sisi build quality jelas sudah meningkat setelah kasus bendgate yang dialami oleh Mi 5 tahun lalu.

Layar berukuran 5.15 inch dengan teknologi IPS LCD yang diusungnya sanggup menampilkan ketajaman gambar serta reproduksi warna akurat. Meski resolusinya masih setara FHD tapi setidaknya layar Mi 6 adalah yang terbaik dibanding ponsel lain dengan tingkat resolusi sama yang ada di pasaran selama ini.

Di atas layar tersebut selain lensa kamera sekunder 8 MP terdapat pula lampu LED notifikasi yang sayangnya tidak bisa dikustomisasi seperti pendahulunya.
Namun kali ini sang produsen sudah memberikan baclit untuk tombol capacitive -nya dan sensor pemindai sidik jari yang diintegrasikan dengan tombol “Home” juga terbukti bekerja cepat sekaligus akurat.

Pada bagian belakang meski menggunakan material serat kaca namun selama penggunaan ternyata tidak terlalu banyak meninggalkan noda jari, dibandingkan Samsung Galaxy S8 maka Xiaomi Mi 6 tampak unggul dari poin ini.
Berbeda Galaxy S8 maupun LG G6 yang sudah menerapkan standar IP68 untuk Mi 6 ini Xiaomi hanya memberikan splash proof, artinya ponsel ini sanggup menahan percikan air namun tidak sampai pada kondisi terendam.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 6

Seperti Apa Kualitas Kamera Xiaomi Mi 6?

Salah satu key selling point dari Mi 6 terletak pada fitur kamera utama. Kamera utama ini mengadopsi sensor 12 MP untuk foto jarak jauh dengan pembesaran 2x (zoom) dan 12 MP lainnya dengan lensa lebar. Keduanya memiliki aperture f/1.8 dengan didukung oleh 4 axis OIS serta dual tone LED flash.

Tampilan antar muka untuk mengoperasikan kameranya sendiri sangat familiar bagi anda yang sudah terbiasa dengan ponsel Xiaomi sebelumnya. Namun kali ini ada sedikit perbedaan yaitu adanya mode 2x loseless zoom< yang kala dicoba ternyata menghasilkan kualitas lebih baik dibanding pembesaran secara digital sebagaimana ditawarkan oleh ponsel lain. Namun tetap saja masih belum sempurna karena tingkat ketajamannya rendah.

Kamera Xiaomi Mi 6 juga menawarkan efek bokeh, namun pada beberapa kali percobaan warna yang ditampilkan tampak jauh dari alamiah.

Sebaliknya untuk pengambilan foto normal di luar ruangan foto yang dihasilkan terbilang baik dengan akurasi warna mendekati alamiah serta tingkat noise sangat minim. Hanya saja jika dibandingkan dengan kamera LG G6 atau Samsung Galaxy S8 terlihat bahwa dynamic range -nya masih jauh di bawah kedua kompetitor mapan tersebut.

Hasil Kamera Xiaomi Mi 6

Review Xiaomi Mi 6 Indonesia

Low-light performance -nya terbilang baik untuk ukuran ponsel dengan harga 8 Juta-an tapi sekali lagi jangan berharap menyamakan kualitanya dengan kamera Samsung Galaxy S8 pada situasi yang sama.


Harga Xiaomi Mi 6 dan Spesifikasi

JADWAL Released April, 2017
Availability Lihat Disini
DIMENSI Dimensions 145.2 x 70.5 x 7.5 mm
Weight 168g
SIM Slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYAR Type IPS LCD capacitive touchscreen
Size 5.15 inches (~71.4% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 1920 pixels (~428 ppi pixel density)
Multi-touch Yes
PLATFORM Os MIUI 8.0 berbasis Android 7.1.1 (Nougat)
Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
CPU Octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo)
GPU Adreno 540
MEMORI Card Slot No
Internal 64 GB, 6 GB
KAMERA Primary Dual 12 MP (27mm, f/1.8, OIS 4-axis & 52mm, f/2.6), phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Features 1/3" sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video [email protected]
Secondary 8 MP, 1080p
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Radio No
USB Type-C 1.0 reversible connector
FITUR Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
BATERAI Non-removable Li-Po 3350 mAh battery
HARGA (Cek Di sini)
LAIN-LAIN Warna Ceramic Black, Black, Blue, White

Performa Istimewa Xiaomi Mi 6

Xiaomi Mi 6 yang menggunakan SoC Snapdragon 835 dari Qualcomm dengan RAM berkapasitas 6 GB serta ROM 64 GB menunjukkan performa istimewa untuk sebuah ponsel berbanderol kurang dari Rp 10 Juta.

Game 3D terbaru mampu dijalankan dengan nyaris sempurna tanpa muncul panas berlebih, walau memang saat menjalankan game “Asphalt 8” muncul gejala skipped frame tapi tidak sampai pada taraf mengganggu.
Lagi pula tampaknya situasi tersebut lebih disebabkan oleh perangkat lunak yang kurang optimal, bukan perangkat keras. Mengingat selama ini Xiaomi terbilang aktif merilis update firmware maka Gizmo Je-Jo cukup yakin masalah ini bakal segera teratasi.

Sementara itu baterai berkapasitas 3350 mAh yang dibenamkan ke dalamnya sanggup bertahan selama 5 jam screen-on-time, sedangkan pengisian ulang daya baterai dari 0-100% hanya memakan waktu 1 jam 30 menit berkat fitur Quick Charge 3.0