on

Harga Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL dan Spesifikasi Terbaru

Harga Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL di Indonesia yang ada di kisaran Rp 8 Juta menempatkannya sebagai Asus Zenfone 3 termahal ketiga di bawah Zenfone 3 Deluxe dan Zenfone 3 Deluxe SE. Hal paling mencolok yang membedakan ZU680KL dengan model lainnya adalah dimensi yang memang tampak mencolok.

Harga resmi Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL di Indonesia semenjak beberapa bulan lalu sudah dirilis, namun hingga artikel ini dipublikasikan ternyata masih sulit menemukan Zenfone 3 Ultra dan Zenfone 3 Deluxe di bursa ponsel Indonesia. Seperti apa sebenarnya handphone Android terbaru bikinan Asus ini?

Harga Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL di Indonesia


Menguak Spesifikasi Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL


PRODUCT DETAILS
BRAND Asus
SERIES Zenfone 3
MODEL Zenfone 3 Ultra ZU680KL
RELEASE DATE 2016
DIMENSIONS (mm) 186.4 x 93.9 x 6.8 mm
WEIGHT 233g
DISPLAY
SCREEN SIZE (inches) 6.8
MULTITOUCH YES
TOUCHSCREEN TYPE Capacitive, LCD IPS
PROTECTON YES, Corning Gorilla Glass 4
RESOLUTION 1080 x 1920 pixels
PIXELS PER INCH (PPI) ~324
COLOURS 16M
HARDWARE
PROCESSOR 1.8GHz Quad-Core
CHIPSET QQualcomm MSM8976 Snapdragon 652
GPU Adreno 510
RAM 3 / 4 GB
INTERNAL STORAGE 32 / 64 /128 GB
EXPANDABLE STORAGE YES
EXPANDABLE STORAGE TYPE microSD
EXPANDABLE STORAGE TYPE UP TO(GB) up to 200 GB
CAMERA
REAR CAMERA 23 MP
FLASH YES, LED
AUTO FOCUS YES
FRONT CAMERA 8.0 MP
VIDEO RECORDING YES, 1080p@30fps
PLATFORM
OPERATING SYSTEM Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
SKIN Asus ZenUI 3.0
JAVA SUPPORT NO
CONNECTIVITY
WI-FI YES
WI-FI STANDARDS SUPPORTED Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
GPS YES, with A-GPS, GLONASS
3G YES
4G YES
BLUETOOTH YES, V4.0, A2DP, EDR, LE
OTG YES
NFC NO
INFRARED YES
FM YES
USB microUSB v2.0, Type-C 1.0 reversible connector
CHARGING VIA USB YES
HEADPHONES 3.5mm
SIM SLOTS 2
SIM TYPE Micro SIM
GSM/CDMA GSM
SENSORS
COMPASS/ MAGNETOMETER YES
PROXIMITY SENSOR YES
ACCELEROMETER YES
AMBIENT LIGHT SENSOR YES
GYROSCOPE YES
FINGERPRINT YES
BAROMETER NO
TEMPERATURE SENSOR NO
BATTERY
TYPE Li-Ion
CAPACITY(mAh) 4600
REMOVABLE NO
TALK TIME upto 34h (3G)
STAND BY TIME
BELI SEKARANG DI SINI

Lewat Asus Zenfone generasi ketiga sang produsen asal Taiwan ingin mengangkat citra handphone Asus yang semula akrab dengan persepsi handphone Android murah menjadi lebih premium meski mereka juga belum cukup percaya diri untuk bermain di segmen high-end. Upaya tersebut cukup kentara ketika menilik kemasan Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL yang berkelir biru dengan font warna emas. Kemasan se-premium ini sebelumnya takkan diketemukan pada ponsel Asus.

Membuka kemasan tersebut Anda bakal diperhadapkan pada handheld berukuran besar yang cukup mencolok. Nuansa premium Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL tidak berakhir sampai pada kemasan semata tentunya, di dalam paket penjualan pembeli disuguhi oleh earphone premium lengkap dengan carrying case. Benar-benar sentuhan detil istimewa diberikan oleh Asus untuk konsumen yang membeli Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL ini.

Dengan lebar mencapai 94 mm, tinggi 186 mm serta ketebalan 6,8 mm sedikit sulit mendefinisikan Zenfone 3 Ultra sebagai sebuah ponsel. Seakan ia hendak menggabungkan smartphone dan tablet dalam satu kategori, phablet mungkin menjadi istilah yang digunakan kebanyakan orang namun sejujurnya istilah tersebut juga sudah lama ditinggalkan bersamaan dengan makin lebarnya ukuran layar sebuah handphone masa kini.

Apapun Anda menyebutnya satu hal yang pasti bahwa menggenggam Zenfone 3 Ultra bukan perkara mudah lebih-lebih dalam mode landscape.

Desain atau penampilan Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL sedikit berbeda jika dibanding Asus Zenfone 3 lainnya yang beberapa diantaranya sudah sempat kami bahas. Sementara untuk materialnya tidak berbeda dengan Asus Zenfone 3 Deluxe yaitu mengkombinasikan antara logam dengan serat kaca. Bobotnya terasa solid dan premium, namun karena dimensi serta bobot yang di atas rata-rata pula ini ada baiknya Anda memikirkan pelindung tambahan.

Layar dengan lebar 6.8 inch yang menampilkan resolusi setara FHD mendominasi bagian depan dari Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL. Bagian atasnya terdapat lensa kamera sekunder dengan sensor 8 MP. Berbeda dengan Zenfone 3 lainnya, kali ini sang produsen mengaplikasikan satu tombol fisik yang diapit oleh dua tombol capacitive. Pada tombol fisik itu sendiri terletak pula sensor pemindai sidik jari yang bekerja cepat sekaligus akurat dalam pengujian.

Pada bagian tepi kiri sama sekali tidak terdapat tombol, sebab pihak pabrikan pilih menempatkan tombol pengatur volume di bagian belakang seperti pernah diimplementasikan oleh LG kala membesut seri flagship-nya mulai LG G2 dan sudah ditinggalkan sejak generasi LG G5.

Harga Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL dan Spesifikasi Terbaru

Masih di bagian belakang tampak lensa kamera utama dengan sensor 23 MP yang didukung oleh two-tone LED flash serta laser auto-focus ditempatkan pada sudut kiri atas.

Performa Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL

Untuk ZU680KL ini sang produsen memercayakan chipset Snapdragon 652 dengan 2x prosesor Quad-core masing-masing berkecepatan 1.8 GHz dan 1.4 GHz sebagai jantung performa. Untuk Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL yang dijual di Indonesia sendiri memiliki kapasitas RAM 4 GB.

Pada dasarnya Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL menunjukkan performa ideal untuk penggunaan harian hanya saat-saat tertentu ia terasa melambat. Kekurangan Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL yang sesungguhnya dari sisi performa baru kentara kala dipaksa menjalankan tugas berat seperti memainkan game berat. Memang ZU680KL tidak dirancang untuk keperluan tersebut. Pada kondisi itu pula kenaikan suhu cukup signifikan pada cover bagian belakang.

Layar

Sejatinya Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL dirancang sebagai perangkat hiburan berjalan (mobile), untuk alasan itu pulalah ia dilengkapi dengan layar berukuran ekstra lebar dengan rasio screen-to-body mencapai 79% menurut klaim Asus.

Harga Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL 2016

Sayang bahwa dalam pengujian ekspektasi kami tidak terasa dipenuhi, tingkat kerapatan layar yang hanya 324 ppi meski baik namun jauh dari layak disebut istimewa. Tingkat ketajamannya terbilang baik asal tidak diamati terlalu dekat, kekurang yang mencolok tampak pada minimnya tingkat detil.

Pihak pabrikan juga terkesan setengah-setengah dalam menjadikannya sebagai entertainment device, tengok saja bagaimana mereka masih mengadopsi teknologi IPS untuk Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL bukannya Super AMOLED seperti yang digunakan oleh Asus Zenfone 3 Deluxe. Reproduksi warna layar Zenfone 3 Ultra ini lagi-lagi mengecewakan.

Performa Kamera Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL

Kamera utama Zenfone 3 Ultra menggunakan sensor 23 MP dengan f/2.0 buatan Sony. Di luar ruangan kala pencahayaannya baik ia mampu menghasilkan foto yang memiliki tingkat detil tinggi serta warna tajam. Meski sampai pada tahap ini bisa dibilang memuaskan namun sekedar catatan saja bahwa tidak diperlukan sensor setinggi itu (23 MP) untuk menghasilkan kualitas foto sebagaimana dihasilkan oleh kamera utama Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL.

Hasil Kamera Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL

Kemampuan kamera sesungguhnya baru diuji di dalam ruangan atau kala kondisi pencahayaan tidak cukup ideal. Pada situasi tersebut kamera Asus Zenfone 3 Ultra mulai menunjukkan kelemahannya yang cenderung menghasilkan banyak noise. Auto-focus-nya juga tampak kesulitan mengunci objek dalam kondisi tersebut.

Kelebihan kamera Zenfone 3 Ultra menurut hemat kami bukan terletak pada sensor 23 MP –nya melainkan pada fitur yang mendampingi seperti laser auto focus yang terbukti cukup handal kala digunakan membuat foto dengan mode makro serta 4 axis OIS yang juga terbukti sangat membantu stabilitas.

Lagi-lagi kami menemukan hal yang mengecewakan yaitu fakta bahwa kamera ini belum mendukung perekaman 4K, padahal dengan harga Rp 8 Juta lebih mestinya bukan sekedar resolusi FHD semata yang disediakan olehnya.

Kamera selfie 8 MP yang terletak di atas layar menghasilkan foto dengan tingkat detil cukup tinggi serta warna tajam untuk standar kamera sekunder. Di dalam ruangan atau malam hari gejala noise cepat sekali muncul, namun mengingat hampir semua pembuat foto selfie senantiasa menggunakan mode beautify untuk mengaburkan detil maka rasanya tak bakal menjadi soal.

Stamina Baterai Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL

Dengan layar yang demikian lebar wajar jika Asus mengkompensasinya dengan baterai yang memiliki daya besar pula yaitu 4.600 mAh. Untuk penggunaan normal kami mendapati baterai ini bertahan selama 30 jam sebelum pada akhirnya membutuhkan pengisian ulang daya. Fitur quick charge -nya sendiri memungkinkan pengisian daya dari 0-60% hanya dalam waktu 45 menit saja.

Harga Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL dan Kesimpulan

Mengamati daftar harga handphone terbaru bulan ini masih tidak terjadi perubahan, artinya harga handphone Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL ini masih tetap dibanderol resmi Rp 8.089.000,-
Berpatokan pada klaim sang produsen yang percaya diri menyebut Zenfone 3 Ultra sebagai entertainment device kami tidak bisa tidak menyatakan rasa kecewa. Selain layar yang lebar tak ada hal yang mendukung klaim tersebut.

Jika memang tujuan Anda adalah mencari entertainment device tampaknya bakal lebih worth kalau sekalian mengarahkan tujuan Anda ke tablet 8 inch di kisarn harga sama yang bakal lebih memuaskan untuk maksud tersebut.

Beda halnya jika sekedar melihat Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL sebagai ponsel secara umum maka ia terbilang cukup baik dengan menawarkan desain premium, build quality solid serta stamina baterai ekstra.

Jual Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 3 Ultra ZU680KL

Kelebihan:
  • Desain dan material premium, 
  • layar lebar, 
  • baterai tahan lama, 
  • sensor pemindai sidik jari cepat serta akurat
Kelemahan:
  • Dimensi besar dan berat, 
  • spesifikasi tergolong rendah untuk handphone harga Rp 8 juta-an, 
  • akurasi warna layar mengecewakan.