on

Samsung Galaxy J7 Prime Bakalkah Masuk Indonesia?

Samsung Galaxy J7 Prime sekitar satu bulan yang lalu diperkenalkan untuk memperkuat portofolio produk Samsung Galaxy di segmen menengah. Harga handphone Samsung terbaru ini dibanderol sedikit lebih mahal jika dibanding varian Galaxy J7 yang sudah dikenal sebelumnya.

Semenjak kehadiran Samsung Galaxy S pada tahun 2010 silam Samsung terus memukau konsumen lewat produk-produk Samsung Galaxy di segmen high-end, kecuali untuk Galaxy Note 7 tentunya. Namun untuk segmen menengah dan low-end kondisinya tidak demikian, handphone Samsung di non flagship sekedar unggul dari sisi layanan purna jual namun tidak dari sisi produknya sendiri.

Baru pada tahun 2013 pabrikan asal Korea ini mulai menunjukkan perubahan kala merilis Galaxy seri J. Samsung Galaxy seri J ini diterima dengan baik oleh konsumen di emerging markets karenanya sang produsen melahirkan lebih banyak varian seperti Galaxy J2, Galaxy J3, Galaxy J5, Galaxy J7 dan baru-baru ini Galaxy J7 Prime sebagai top variant dari seri tersebut.

Kapan Samsung Galaxy J7 Prime Masuk Indonesia?


Mengulas Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime

Perbedaan antara Samsung Galaxy J7 dengan Samsung Galaxy J7 Prime langsung kentara dari sisi penampilan, pasalnya sang produsen memberikan material logam alih-alih plastik untuk varian Prime tersebut. Walau demikian desainnya sendiri sama sekali tidak baru, kemiripannya dengan smartphone buatan Samsung lainnya sangat kental.

Di bawah layar terdapat capacitive buttons, ketebalannya sendiri tak bisa dibilang tipis sebab tercatat mencapai 8 mm, beruntung bobot yang hanya 167 gram membuat ia relatif nyaman digenggam. Soal build quality tak ada kritik yang perlu ditujukan, kesan solid mampu membuat pemiliknya merasa sejumlah yang dikeluarkan untuk menebus harga Galaxy J7 Prime memang layak.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Prime Indonesia

Layar berukuran 5.5 inch dilapisi oleh 2.5D Corning Gorilla Glass, dengan resolusi setara FHD (1080 x 1920 pixels) gambar yang ditampilkan tampak apik, dengan tingkat kecerahan yang ideal kala terpapar sinar matahari sekalipun. Berkat kerapatan warna mencapai 480 ppi teks yang ditampilkan pun terlihat tajam serta halus, memberikan rasa nyaman tersendiri kala digunakan membaca e-book atau e-magazine.

Bertanggung jawab atas performa Galaxy J7 Prime adalah prosesor octa-core Exynos 7870 didukung oleh RAM sebesar 3 GB. Sedangkan media penyimpanan internal menyediakan kapasitas 16 GB dengan opsi menambah memori eksternal hingga kapasitas maksimal 256 GB via keping microSD.

Review Samsung Galaxy J7 Prime Indonesia

Dengan dual kartu SIM berukuran nano Galaxy J7 Prime mendukung jaringan 4G untuk kedua kartu SIM, walaupun keduanya tidak bisa diaktifkan dalam mode 4G secara bersamaan. Sementara itu di bagian belakang terdapat kamera utama 13 MP dengan aperture f/1.9 yang didukung oleh LED flash. Kamera selfie dipercayakan pada lensa 8 MP.

Salah satu hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan Samsung Galaxy J7 Prime bagi sebagian calon konsumen adalah penggunaan baterai tipe tanam. Kapasitas baterai ini sendiri terbilang cukup besar yaitu 3300 mAh. Soal konektivitas Galaxy J7 Prime menawarkan GPRS/ EDGE, 3G, Wi-Fi 802.11b/g/n/ac, GPS/A-GPS, Bluetooth dan Glonass.

Kamera Samsung Galaxy J7 Prime bisa aktifkan dengan melakukan tap pada tombol “home” dua kali, pada tombol itu pula tersebut pemindai sidik jari. Sayang kinerja pemindai sidik jari ini tidak terlalu responsif, kadang memerlukan waktu beberapa detik baginya untuk membaca sidik jari.

Menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow sang produsen seperti biasa mengandalkan tampilan antar muka TouchWiz, hanya saja belakangan ini Samsung benar-benar membenahi tampilan antar muka tersebut setelah mendengar kritik kebanyakan pengguna setia Samsung Galaxy. Banyak bloatware yang kini sudah disingkirkan. Fitur yang menarik untuk Galaxy J7 Prime ini adalah S Power Planning dan S Secure.

Berbeda dengan Ultra Power Saving yang sudah dikenal sebelumnya, S Power Planning memiliki kemampuan menonaktifkan koneksi internet kala layar dalam posisi off dalam rangka menghemat baterai. Bluetooth, Wi-Fi maupun GPS juga bisa dinonaktifkan pada kondisi tersebut. Dalam upaya menghemat baterai pula pengguna diberikan pilihan untuk membatasi penggunaan Wi-Fi maupun mobile data.

Sementara S Secure memberikan kemungkinan pemilik mengamankan data-data pribadi melalui Secure Folder. Untuk mengakses folder tersebut diperlukan aktivasi lewat pemindai sidik jari. Fitur S Secure ini juga memberikan enkripsi kala pengguna Galaxy J7 Prime melakukan koneksi ke Wi-Fi publik sehingga kemungkinan pencurian data lewat koneksi tersebut yang kerap terjadi bisa diminimalisir.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy J7 Prime

Bagaimana dengan kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy J7 Prime? Di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan ideal (cerah) hampir semua foto yang dihasilkan terbilang memuaskan untuk ukuran kamera smartphone kelas menengah. Tingkat ketajaman maupun reproduksi warna yang dihasilkan sangat baik. Meski dynamic color range-nya masih belum mendekati ideal.

Kualitas Kamera Samsung Galaxy J7 Prime

Sementara di dalam ruangan tingkat ketajamanannya juga masih baik, hanya saja gejala grainy tidak bisa dihindari terutama ketika ditampilkan dalam ukuran besar.

Samsung Galaxy J7 Prime Dijual di Indonesia

Performa Samsung Galaxy J7 Prime juga boleh dibilang memuaskan, selama penggunaan baik kasual maupun menjalankan game setidaknya masih ada sekitar 1.3 GB RAM yang tersisa. Kuaitas output speaker bawaannya juga terbilang baik, minim distorsi saat volume ditingkatkan sekalipun.
Baterai 3300 mAh-nya sendiri dalam pengujian video loop mampu bertahan selama 14 jam 50 menit, untuk penggunaan normal ia bertahan kurang lebih selama 36 jam.

Kisaran Harga Samsung Galaxy J7 Prime

Impresi dan Harga Samsung Galaxy J7 Prime

Untuk ukuran smartphone kelas menengah rasanya pantas menilai Samsung Galaxy J7 Prime sebagai salah satu opsi terbaik saat ini. Ada beberapa alternatif pilihan merek lain termasuk Asus Zenfone 3 di kisaran harga yang sama, namun dengan reputasi layanan purna jual prima rasanya tak banyak yang akan berpaling dari Galaxy J7 Prime.

Namun sampai hari ini masih menjadi misteri apakah Samsung Galaxy J7 Prime ini bakal masuk ke Indonesia.